Sekretariat Baru Asosiasi UPK Malang



Tanggal 11 Nopember 2011 merupakan hari bersejarah bagi Asosiasi UPK Malang. Karena pada tanggal tersebut secara resmi Asosiasi menempati kantor baru yang berlokasi di areal Pusat Kerajinan Kendedes Singosari (Pujisari).
Semua ini tidak terlepas dari hasil rapat dengan Ibu Bupati Malang di Pujisari beberapa waktu yang lalu, dimana Asosiasi UPK PNPM Kab. Malang diberi tugas untuk membenahi dan mengelola sebagian ruang pamer di Pusat Kerajinan ini yang beberapa tahun belakangan ini ibaratnya mati suri.
Ini merupakan tugas dan beban yang tidak ringan mengingat areal yang awalnya didesain dengan begitu bagus ini akhirnya menjadi komplek bangunan yang tidak punya aktifitas sama sekali, sangat jauh dari tujuan awal areal ini di bangun. Padahal dengan modal areal yang dibangun dengan dana yang tidak sedikit ini ditambah dengan lokasi yang persis dipinggir jalan raya Malang Surabaya, seharusnya kondisi seperti ini tidak mungkin terjadi.
Tasyakuran menempati gedung baru dihadiri. BKAD dan  Camat Singosari
Dalam rapat dimana Asosiasi mendapat tugas membenahi lokasi ini, sekaligus Ibu Bupati meminta dalam salah satu ruangan yang dikelola ini nantinya bisa dipakai sebagai ruang sekretariat Asosiasi UPK dan ruangan display yang menampilkan berbagai kegiatan serta hasil dari kegiatan PNPM di kabupaten Malang.
Ini merupakan tugas yang tidak ringan, mengingat stand yang diberikan kepada Asosiasi jumlahnya 10 stand dengan kondisi awal yang memprihatinkan karena lama tidak terurus.
Akan tetapi dengan didampingi BPM Kab Malang, secara bertahap pembersihan dan pengecatan ulang serta pembenahan dan memperbaiki beberapa bagian ruangan Pujisari yang sudah rusak, dapat diselesaikan dalam waktu 2 minggu, termasuk diantaranya satu hari penuh semua ketua UPK se kabupaten bersama-sama kerja bakti membersihkan semua ruangan yang akan dijadikan stand pameran. Biaya renovasi ruangan dan melengkapi beberapa bagian stand dipikul bersama antara BPM Kab Malang, Asosiasi serta bantuan dari 29 UPK Kab. Malang. Sungguh suatu kerjasama yang apik, dimana semua pihak sangat mendukung kegiatan ini sehingga proses rehab ruangan ini selesai tepat waktu.
Personil UPK Kab. istirahat setelah kerja bakti di Pujisari
Saat ini 10 ruangan sudah siap digunakan dengan ruangan bagian tengah digunakan sebagai ruangan Sekretariat Asosiasi UPK secara permanen. Dengan demikian saat ini Asosiasi UPK Malang bisa bergerak dengan lebih leluasa karena saat ini sudah memiliki kantor yang permanen yang bisa digunakan untuk rapat serta koordinasi kapan saja.
Sedangkan 9 ruangan yang lain digunakan sebagai tempat ruang pamer dan display barang produk pengrajin dan UKM mitra UPK se Kabupaten Malang. Satu hal yang sebenarnya sudah lama diimpikan oleh Asosiasi dan pernah disampaikan kepada Bupati Malang, dimana Asosiasi membutuhkan tempat untuk mendisplaykan produk pengrajin mitra UPK secara permanen akhirnya terwujud. Pada akhirnya, diakhir masa tugas Pengurus Asosiasi periode ini, angan-angan untuk mencarikan tempat atau areal untuk mendisplaykan produk unggulan terutama produk dari pengrajin mitra UPK di 29 kecamatan bisa terwujud.
Saat ini dari 9 stand yang ada telah diisi dengan berbagai produk yang ada di kabupaten Malang. Secara bertahap produk-produk dari UPK dikirim untuk melengkapi produk yang ada. Untuk memudahkan pengunjung mengunjungi stand Asosiasi ini, kami membagi ruangan stand menjadi beberapa ruangan diantaranya :
Stand Makanan dan Minuman
Stand Sandang












Stand Sandal dan Sepatu
Stand Kerajinan dan Souvenir
  







 Dengan demikian, akhir tahun 2011 ini UPK di Kabupaten Malang mendapat kado istimewa berupa kantor untuk Sekretariat Asosiasi serta stand untuk memamerkan produk unggulan dari masing-masing UPK yang tersebar di 29 kecamatan. Saat ini stand yang dikelola Asosiasi buka mulai hari senin sampai sabtu dengan jam buka mulai jam 08.00 sampai jam 15.00
Untuk operasional sehari-hari, saat ini areal sekretariat dan stand pameran dikelola oleh UPK Singosari. Sehingga untuk sementara Asosiasi tidak perlu menempatkan karyawan khusus untuk menjaga stand yang tentunya membutuhkan dana khusus.
Saat ini stand Asosiasi ini mulai dikunjungi tamu, terutama menjadi tujuan karya wisata pelajar luar kota yang ingin mengetahui budaya dan kerajinan khas kabupaten Malang.







Dokumentasi Pelatihan BKAD dan BP TA 2011










Lokasi Rakor Di Pagelaran

Rakor lengkap UPK bulan ini dilaksanakan di Kec. Pagelaran. Diminta semua Ketua UPK bisa mengkondisikan agar semua anggotanya bisa hadir.

Adapun materi rakor kali ini :
1. Pemilihan pengurus Asosiasi yang baru
2. Penjelasan mekanisme LPJ UPK untuk tahun 2012 dari  Faskeu

Rakor diselenggarakan tanggal  15 Desember 2011 jam 09.00 di Balai Desa Sidorejo Kec. Pagelaran.

PENYEGARAN FASKAB, FASKEU, FASTKAB & SETRAWAN PNPM MPd PROP. SULSEL











Penyegaran FasKab, FasKeu, FasTKab dan Setrawan PNPM Mandiri Perdesaan Prop. SULSEL dilaksanakan pada tanggal 21 s/d 30 Nopember 2011, di Hotel Dinasti, Makassar yang dihadiri sekitar 80 peserta dari 20 Kabupaten.

Acara ini dibuka oleh PJOProp. Bapak DR. A. Syahrir Kube, SE, MM, menekankan kepada peserta agar peserta dapat menyerap materi dari Nara Sumber, dan dapat mengembalikan nilai-nilai dari masyarakat yang dapat diimplementasikan pada kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan.



Adapun materi dari penyegaran ini adalah :

1. Refleksi dan koreksi dalam Fasilitasi Pengorganisasian Masyarakat (SPTR)

2. Inovasi Fasilitasi

3. Mengembangkan Pendekatan Kearifan Lokal dalam PNPM MPd.

4. Evaluasi dan Tindakan Koreksi atas`fasilitasi Kebijakan Pengintegrasian

5. Pengembangan dan Penerapan Ruang Belajar Masyarakat dan Tim Pelatih Msyarakat (TPM)

6. Perencanana dan Pengendalian Pemanfaatan DOK pelatihan Masyarakat

7. Pengembangan Ekonomi Perdesaan melalui PNPM Mandiri Perdesaan

8. Pencegahan Korupsi dan Penyalahgunaan dana

9. Penegakan Kode Etik Fasilitator

10. Penerapan Safeguard dan EWS untuk Peningkatan Kualitas Kegiatan

11. Perawatan manajemen Data dan Aplikasi

12. Sistem pelaporan Data dan Disbusment

13. Konsolidasi Tim Kabupaten untuk menyusun Rencana Strategis


JADWAL PELATIHAN DAN RAB PELATIHAN BKAD - BP

Jadwal pelatihan ini mohon segera disampaikan kepada peserta. Sehingga semua peserta bisa hadir tepat waktu.
Untuk biaya pelatihan, tidak usah ditransfer, langsung dititipkan kepada salah satu peserta untuk diserahkan kepada panitia saat Check In.
Untuk diketahui, bahwa pelatihan ini tidak diselenggarakan Asosiasi UPK, tetapi langsung OC yang ditunjuk Faskab dan BPM. Asosiasi hanya membantu mempercepat informasi ini agar segera sampai ke UPK.
Berikut jadwal pelatihan dan RAB pelatihan BKAD dan BP.



Pohon Kurma yang ada di Pulau Satanga, Kec. Mappakasunggu, Kab. Takalar

MAD Sosialisasi PNPM MPd 2012

Upaya untuk melakukan sinergi dan integrasi penuh PNPM Mandiri Perdesaan dengan pembangunan pemerintah daerah, sudah mulai dilakukan, hal ini terbukti dengan dimulainya Musyawarah Antar Desa Sosialisasi PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2012, pada Rabu, 12 Oktober 2011 bertempat di Pendopo Kecamatan Banyuputih. Upaya ini dilakukan agar proses perencanaan pembangunan reguler selesai pada akhir Desember sehingga sepenuhnya mampu bersama dalam musrenbangdes dan musrenbangcam
Acara yang dihadiri oleh Fasilitator Kabupaten Situbondo ini menjelaskan beberapa hal yang erat kaitannya dengan Perencanaan Pembangunan daerah dan Pembangunan reguler PNPM MPd 2012. sehingga diharapkan ketika masayarakat melakukan seluruh musyawarah yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan ditingkatnya mampu duduk bareng dengan tanpa membedakan mana pembangunan pemerintah daerah dan pembangunan yang ada didalam PNPM MPd.
Di samping juga membahas terkait dengan pembangunan reguler pada acara MAD ini juga membahas terkait dengan teknis dan mekanisme tentang dana sosial 2010. semoga perencanan yang dilakukan pemerintah dapat berjalan dengan baik, Semuanya bisa tercapai apabila ada kerjasama yang baik antar masyarakat dengan pemerintah

Kegiatan Bulan September dan Oktober

Banyaknya kegiatan yang berlangsung mulai bulan Agustus 2011 sampai Oktober ini dan ditambah kesibukan redaksi, menjadikan beberapa bulan terakhir tidak ada kegiatan yang terliput di media ini. Mohon maaf dan terima kasih kepada teman-teman UPK yang sudah mengirimkan artikel dan naskah kepada redaksi. Beberapa artikel langsung kami tampilkan serentak pada edisi kali ini, dimana sebagian naskahnya kami sunting dari beberapa naskah yang dikirm UPK ke redaksi. Untuk melihat secara detail aktifitas UPK selama 3 bulan ini silahkan klik artikel dibawah ini.


Penyaluran Dana Sosial DI UPK Gedangan


Pameran Menyambut Lebaran di Pujon








Penyerahan Sertifikat SIUP









Pameran di Samantha Krida Universitas Brawijaya


Hasil Rakor Ketua UPK


Untuk UPK yang mengirimkan barang ke Posko yang ditunjuk, dimohon membawa tanda terima barang sebanyak 3 lembar (contoh tanda terima terlampir).
Mengingat produk makanan cukup banyak jenisnya yang akan dikirim, sedangkan kerajinan hanya beberapa kecamatan yang selama ini mampu menampilkan,  jika memungkinkan tolong diutamakan  produk kerajinan yang ada di kecamatan masing-masing yang ditampilkan

Berikut contoh penetapan harga di Pujisari :
Ibu A menitipkan produk makanan seharga Rp. 10.000,- (netto)  kepada UPK yang kemudian dikirimkan ke Asosiasi.
di Pujisari harga tersebut akan dinaikkan sebesar 25 % sebelum dijual kepada konsumen, sehingga harga jual menjadi Rp. 12.500,-.
Perincian prosentase sebesar 25 % untuk keperluan sebagai berikut :
10 % untuk fee UPK yang menyetorkan barang
5 % untuk kas asosiasi
5 % untuk biro perjalanan/travel
5 % untuk operasional di pujisari

Dengan demikian jelas bahwa UPK tidak perlu lagi menaikkan harga, karenan nantinya akan mendapatkan fee langsung dari asosiasi dari setiap barang yang laku.
Konsep ini diterapkan agar harga yang dijual di Pujisari bisa bersaing dengan harga di pasaran.