Optimalisasi Tahapan Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan adalah sebuah upaya penciptaan akselerasi waktu tahapan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program dengan memanfaatkan proses dan hasil perencanaan program yang dikelola oleh masyarakat. (dikutip dari PTO Optimalisasi). Untuk mencapai ini semua diperlukan persiapan yang matang sehingga seluruh rangkaian kegiatan dalam program PNPM-MP dapat berjalan sesuai harapan Program. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten situbondo dalam hal ini adalah BPMP Kabupaten Situbondo sebagai liding sektor PNPM Mandiri Perdesaan telah melakukan rapat koordinasi dengan PJOk Kabupaten, Fasilitator Kabupaten, Pjok Kecamatan, Fasilitator Kecamatan dan Ketua UPK se-Kabupaten Situbondo. Pada acara rakor hari Selasa tanggal 07 Juli 2010 ini dibahas beberapa point penting diantaranya adalah : 
  1. Progress dari masing-masing kecamatan se-kabupaten Situbondo baik pelaksanaan dan perencanaan program maupun pengelolaan dana bergulir. 
  2. Evaluasi kegiatan 
  3. Rencana Kerja Tindak Lanjut 
  4. Kendala di lapangan
  5. dan Persiapan Penyusunan RPJM Desa 
Acara yang dimoderasi oleh Bpk. H. M. Solikhan, S.Sos, M.Si selaku Pjok Kabupaten Situbondo, Juga membahas tentang Surplus UPK untuk perolehan Dana Sosial Rumah Tangga Miskin yang didapat dari hasil pengelolaan dana bergulir di UPK. Diharapkan Dana Sosial ini benar-benar tepat sasaran dan lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri. Sehingga keberadaan PNPM Mandiri Perdesaan tidak bisa dipandang sebelah mata karena sudah memberikan bukti yang nyata dengan memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya..

0 komentar:

Posting Komentar