Sekretariat Baru Asosiasi UPK Malang



Tanggal 11 Nopember 2011 merupakan hari bersejarah bagi Asosiasi UPK Malang. Karena pada tanggal tersebut secara resmi Asosiasi menempati kantor baru yang berlokasi di areal Pusat Kerajinan Kendedes Singosari (Pujisari).
Semua ini tidak terlepas dari hasil rapat dengan Ibu Bupati Malang di Pujisari beberapa waktu yang lalu, dimana Asosiasi UPK PNPM Kab. Malang diberi tugas untuk membenahi dan mengelola sebagian ruang pamer di Pusat Kerajinan ini yang beberapa tahun belakangan ini ibaratnya mati suri.
Ini merupakan tugas dan beban yang tidak ringan mengingat areal yang awalnya didesain dengan begitu bagus ini akhirnya menjadi komplek bangunan yang tidak punya aktifitas sama sekali, sangat jauh dari tujuan awal areal ini di bangun. Padahal dengan modal areal yang dibangun dengan dana yang tidak sedikit ini ditambah dengan lokasi yang persis dipinggir jalan raya Malang Surabaya, seharusnya kondisi seperti ini tidak mungkin terjadi.
Tasyakuran menempati gedung baru dihadiri. BKAD dan  Camat Singosari
Dalam rapat dimana Asosiasi mendapat tugas membenahi lokasi ini, sekaligus Ibu Bupati meminta dalam salah satu ruangan yang dikelola ini nantinya bisa dipakai sebagai ruang sekretariat Asosiasi UPK dan ruangan display yang menampilkan berbagai kegiatan serta hasil dari kegiatan PNPM di kabupaten Malang.
Ini merupakan tugas yang tidak ringan, mengingat stand yang diberikan kepada Asosiasi jumlahnya 10 stand dengan kondisi awal yang memprihatinkan karena lama tidak terurus.
Akan tetapi dengan didampingi BPM Kab Malang, secara bertahap pembersihan dan pengecatan ulang serta pembenahan dan memperbaiki beberapa bagian ruangan Pujisari yang sudah rusak, dapat diselesaikan dalam waktu 2 minggu, termasuk diantaranya satu hari penuh semua ketua UPK se kabupaten bersama-sama kerja bakti membersihkan semua ruangan yang akan dijadikan stand pameran. Biaya renovasi ruangan dan melengkapi beberapa bagian stand dipikul bersama antara BPM Kab Malang, Asosiasi serta bantuan dari 29 UPK Kab. Malang. Sungguh suatu kerjasama yang apik, dimana semua pihak sangat mendukung kegiatan ini sehingga proses rehab ruangan ini selesai tepat waktu.
Personil UPK Kab. istirahat setelah kerja bakti di Pujisari
Saat ini 10 ruangan sudah siap digunakan dengan ruangan bagian tengah digunakan sebagai ruangan Sekretariat Asosiasi UPK secara permanen. Dengan demikian saat ini Asosiasi UPK Malang bisa bergerak dengan lebih leluasa karena saat ini sudah memiliki kantor yang permanen yang bisa digunakan untuk rapat serta koordinasi kapan saja.
Sedangkan 9 ruangan yang lain digunakan sebagai tempat ruang pamer dan display barang produk pengrajin dan UKM mitra UPK se Kabupaten Malang. Satu hal yang sebenarnya sudah lama diimpikan oleh Asosiasi dan pernah disampaikan kepada Bupati Malang, dimana Asosiasi membutuhkan tempat untuk mendisplaykan produk pengrajin mitra UPK secara permanen akhirnya terwujud. Pada akhirnya, diakhir masa tugas Pengurus Asosiasi periode ini, angan-angan untuk mencarikan tempat atau areal untuk mendisplaykan produk unggulan terutama produk dari pengrajin mitra UPK di 29 kecamatan bisa terwujud.
Saat ini dari 9 stand yang ada telah diisi dengan berbagai produk yang ada di kabupaten Malang. Secara bertahap produk-produk dari UPK dikirim untuk melengkapi produk yang ada. Untuk memudahkan pengunjung mengunjungi stand Asosiasi ini, kami membagi ruangan stand menjadi beberapa ruangan diantaranya :
Stand Makanan dan Minuman
Stand Sandang












Stand Sandal dan Sepatu
Stand Kerajinan dan Souvenir
  







 Dengan demikian, akhir tahun 2011 ini UPK di Kabupaten Malang mendapat kado istimewa berupa kantor untuk Sekretariat Asosiasi serta stand untuk memamerkan produk unggulan dari masing-masing UPK yang tersebar di 29 kecamatan. Saat ini stand yang dikelola Asosiasi buka mulai hari senin sampai sabtu dengan jam buka mulai jam 08.00 sampai jam 15.00
Untuk operasional sehari-hari, saat ini areal sekretariat dan stand pameran dikelola oleh UPK Singosari. Sehingga untuk sementara Asosiasi tidak perlu menempatkan karyawan khusus untuk menjaga stand yang tentunya membutuhkan dana khusus.
Saat ini stand Asosiasi ini mulai dikunjungi tamu, terutama menjadi tujuan karya wisata pelajar luar kota yang ingin mengetahui budaya dan kerajinan khas kabupaten Malang.







0 komentar:

Posting Komentar