Pelatihan Tim Monitoring 2009

Pelatihan Tim Monitoring se Kecamatan Banyuputih

Hari : Selasa

Tanggal : 14 April 2009

Waktu : 09.00 s.d 13.00 WIB

Tempat : Pendopo Kecamatan Banyuputih



Acara dibuka oleh Ketua UPK dengan pembacaan basmalah

Ketua UPK kemudian emempersilahkan FT untuk memperentasikan materi pelatihan

Penyampaian materi oleh FT

Diawali dengan pemaparan tentang pengertian pemantauan, pengawasan, dan evaluasi yang dilanjutkan dengan penjelasan maksud dan tujuan dari ketiga kegiatan tersebut.

Menjelaskan tentang pemantauan dan pengawasan yang meliputi pengawasan dan pemantauan oleh masyarakat, pemerintah, dan pihak lain yang berkepentingan.

Mengupas tentang audit dan pemeriksaan keuangan yang terdiri dari pemeriksaan rutin, audit internal dan pemeriksaan eksternal structural

Menjelaskan bahwa evaluasi kegiatan dilakukan pada saat kegiatan sudah selesai dilaksanakan dan bertujuan untuk menilai hasil pelaksanaaan kegiatan berikut kualitasnya.

Tim monitoring diharuskan untuk menulis laporan dari hasil pemantauan dan pemeriksaan yang telah dilakukan dengan menulis kesimpulan terhadap beberapa item kelengkapan TPK seperti administrasi, buku kas, LPD, dan lain sebagainya yang memiliki hubungan dengan proses pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan.

Di samping hal di atas, FT juga menjelaskan tentang pengisian formulir pemeriksaan administrasi desa seperti cek list yang sudah disediakan.

FT mengharapkan agar semua anggota dari Tim Monitoring agar menjalin koordinasi yang baik sehingga tercipta sebuah kinerja yang bagus untuk dapat melakukan pemenataun dan pemeriksaan dengan baik terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh TPK.

Juga mengharapkan agar dapat menciptakan situasi yang kondusif terutama yang berkaitan dengan tugas monitoring.

Selanjutnya acara di isi kegiatan dengar pendapat dengan para peserta pelatihan, terutama bagi anggota Tim Monitoring lama yang masih terpilih kembali pada tahun 2009 ini, dengan ini diharapkan ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian ataupun evaluasi dari pelaksanaan dan hasil kegiatan pada tahun sebelumnya.

Selanjutnya acara dinyatakan selesai dan ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh perwakilan dari Desa Sumberejo.





0 komentar:

Posting Komentar