Pelatihan Kades/Lurah dan BPD/LPM Tahun 2012

Pelatihan Kades/Lurah dan BPD/LPM PNPM Kab. Takalar Tahun 2012 untuk region Kecamatan Polombangkeng Selatan, Kecamatan Polombangkeng Utara dan Kecamatan Sanrobone dilaksanakan di Hotel Bumi Asih Makassar tanggal 22 - 23 Juni 2012. Kegiatan ini yang dibuka oleh Bupati Takalar yang diwakili oleh Kepala BPMD Kab. Takalar Bapak Drs. H. Nawir Majjaga, M. Si.

Dalam pembukaan Pelatihan Kades dan BPD Kepala BPMD menyatakan agar dapat berperan lebih pro aktif dalam setiap kegiatan PNPM mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan, dan tidak melakukan intervensi negatif utamaya dalam pengelolaan keungan kegiatan prasarana, sehingga dapat terhindar sanksi lokal Desa/Lurah dan dapat berimbas ke sanksi lokal Kecamatan. Adanya pengaduan dari masyarakat baik secara lisan dan langsung ke Kabupaten , menunjukkan bahwa masyarakat semakin peduli dan memahami hak dan kontrol publik dari masyarakat.

Adapun materi dari pelatihan ini antara lain  Refleksi Topoksi Kades/Lurah dan BPD/LPM, Review Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Takalar, Verifikasi Proposal Kelayakan Usulan Kegiatan Ekonomi, Teknik Penyusunan Produk Hukum Desa dan RKTL, dengan nara sumber dari Kabid Pemerintahan Desa, Kepala Unit BNI Takalar dan Team Faskab Takalar.

Dari pelatihan ini diharapkan agar Kades/Lurah dan BPD/LPM dapat memahami topoksinya dan kegiatan PNPM Kab. Takalar, Jenis kegiatan   yang dibutuhkan oleh masyarakat dan komitmen Kabupaten terhadap kegiatan PNPM Tahun 2012, memfasilitasi bantuan dana dari UPK dan Perbankan untuk kegiatan Ekonomi  , dapat membuat lebih produktif lagi dalam pembuatan Perdes dan Keputusan Desa serta menyusun RKTL tentang Perdes pengelolaan Pelestarian kegiatan PNPM dan diharapkan agar Kades/Lurah dan BPD/LPM dapat lebih pro aktif dan berperan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan proses Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelestraian, semoga...

0 komentar:

Posting Komentar