Black Box akhirnya ditemukan

Komandan evakuasi Kopassus Letkol Inf. Taufik Sobri (kiri) dan Lettu Inf. Taufik (dua kiri) menunjukkan black box Sukhoi Superjet 100 yang berhasil ditemukan di posko utama evakuasi SAR gabungan di Cijeruk, Jawa Barat, tadi malam. Mereka didampingi Danrem 061/Suryakancana, Kol Inf AM Putranto (dua kanan), dan Kombes Pol Aneka Pristafuddin (dua kanan).

BOGOR – Tim search and rescue (SAR) akhirnya berhasil menemukan kotak hitam atau black boxpesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 yang jatuh di Gunung Salak,Kabupaten Bogor, Rabu (9/5).

Kunci pengungkap penyebab kecelakaan pesawat ini ditemukan empat anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNIAngkatan Darat bersama personel Federasi Panjat Tebing Indonesia di tebing sedalam 200 meter. Kepastian ditemukannya black box dikonfirmasi Komandan Korem 061/Suryakancana Kol Inf AM Putranto.Dia mengaku mendapat informasi penemuan pada pukul 21.00 WIB. Menurut dia, tim Baret Merah berhasil mengambil kotak hitam dengan cara menggunakan tali (rappelling). Hal itu dilakukan mengingat kemiringan lokasi yang mencapai 85 derajat.

” Kotak hitam ditemukan sudah dalam keadaan terbakar.” ”Bahkan kotak pelindung yang berwarna oranye sudah hilang sehinggawarnanya menghitam karena terbakar,” ujarnya kepada wartawan di Bogor tadi malam. Putranto menuturkan, sebelumnya tim tersebut diturunkan melalui helikopter pada Selasa (15/5) pagi.Tim ini diturunkan karena diyakini mereka sudah tahu lokasi kotak hitam tersebut. Sebelumnya mereka juga menemukan ELT dan alat komunikasi. Saat ditemukan, black box terlempar sejauh 100 meter dari ekor pesawat, tempat kotak ini berada pada awalnya.

Kepala Penerangan Kopassus dan komandan evakuasi dari tim Kopassus Letkol Inf Taufik Sobri membenarkan timnya berhasil menemukan perekam data yang sangat dicari tersebut.Menurut dia, tim terdiri dari Lettu Inf Taufik sebagai ketua regu, Sertu Diding, Serda Ahmad Baso dan Prada Chairil.‘’Kami memang membentuk tim raffling.Tim ini yang kami andalkan karena mereka sudah mengenal rutenya, sehingga mempermudah proses pengangkatan,”ungkapnya. Ketua regu evakuasi tim Kopassus, Lettu Inf Taufik, menjelaskan, bersama empat anggota lain dia harus turun dengan tali sepanjang 200 meter di tepi jurang.

“Awalnya kami mengira itu hanya kotak biasa,karena bentuknya sudah tidak seperti semula.Warnanya hitam dan sudah tidak ada penutupnya,” ujarnya, dengan wajah gembira. Saat ditemukan kotak tersebut berada di antara pohonpohon dan terkubur di dalam tanah. Diduga, kotak tersebut terlempar akibat ledakan dan terbakar.“Ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB, kotak itu langsung kami bawa dengan ransel,” tegasnya. Setelah itu, kotaknya langsung dievakuasi dengan menggunakan jalur darat dari Posko Cimelati.

Sementara itu, evakuasi korban pesawat Sukhoi Superjet akan dilanjutkan, meskipun masa tanggap darurat tujuh hari sudah berakhir. Evakuasi dilanjutkan karena masih banyak korban belum ditemukan. Hingga kemarin tercatat sudah ada 31 kantong jenazah yang dievakuasi dari Bogor ke Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur, untuk proses identifikasi. Adapun korban yang menumpang pesawat nahas tersebut berjumlah 45 orang.Posisi korban diperkirakan berada di lembah yang kedalamannya mencapai 1.500 meter sehingga sulit dijamah tim SAR. Sementara tim SAR masih berada di kedalaman 600 meter dari lokasi kecelakaan, yang diperlebar hingga radius 250 meter.

“Melihatkondisiyangada, kamiakan meneruskan sampai nanti ada keputusan lebih lanjut,” kata Daryatmodalamkonferensipers di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta,kemarin. Kemarin juga hari terakhir tim evakuasi dari Rusia membantu proses evakuasi jatuhnya pesawat SSJ-100. Bila dirasa belum cukup,waktu tim Rusia di Indonesiaakandiperpanjang. “Tim Rusia kasih waktu 3 hari. Kalau mereka merasa perlu diperpanjang, kan kita tidak begitu saja bilang tidak boleh masuk. Dikasih waktu oleh danrem,” kata Search Mission Coordinator (SMC) evakuasi Sukhoi Superjet 100,Putu Parwa,di landasan heli Cijeruk,Pasir Pogor, Kabupaten Bogor,kemarin.

Adapun di TKP, tim SAR melakukan penyapuan lokasi jatuhnya pesawat SSJ-100 dengan bergerak vertikal ke kiri dan ke kanan untuk memastikan tidak ada lagi jenazah yang tidak terevakuasi.Tim SAR Rusia juga sudah sampai ke lokasi pesawat jatuh dan membantu evakuasi.Ketua tim SAR Rusia, Cupalenkov, melalui penerjemahnya mengakui medan Gunung Salak sangat berat. ( Ari/16-5-2012)

0 komentar:

Posting Komentar