Dahlan Iskan Kejutkan Ponpes Ngruki,..

Semarang Pertengahan Maret 2012 lalu, ternyata Menteri BUMN Dahlan Iskan tiba-tiba mendatangi Pondok Pesantren Ngruki, Solo. Dia sempat kesulitan masuk ke dalam ponpes, karena satpam tak mengenalinya.

Dahlan datang ke Ponpes Ngruki dengan menumpang mobil Alphard didampingi rombongan yang menumpang dua mobil lainnya. Rombongan Dahlan juga dikawal sebuah mobil patroli polisi. Dahlan dan rombongan mampir ke Ponpes Ngruki setelah melakukan kunjungan kerja ke Sragen.

"Satpam pondok sempat menolaknya. Tapi, seorang ustad kemudian meminta satpam untuk mempersilakan masuk karena sang tamu ingin menunaikan salat Jumat," kata Direktur Ponpes Ngruki Ustad Wahyudin saat memberikan tausiyah dalam acara Silaturahmi dan Raker Persaudaraan Masyarakat Bisnis Madani (PMBM) di Hotel Graha Agung, Semarang, Minggu (15/4/2012). PMBM merupakan wadah para alumni Ponpes Ngruki untuk mengembangkan bisnis dan enterpreneurship.

Satpam yang berjaga di pintu gerbang pondok dan ustad yang mempersilakan sang tamu masuk ke pondok sama-sama tidak tahu bahwa sang tamu adalah Dahlan Iskan. Mereka baru mengetahui bahwa sang tamu adalah Dahlan Iskan saat Ustad Wahyudin bertemu Dahlan menjelang salat Jumat.

Wahyudin menceritakan dirinya saat itu juga tidak langsung mengenali Dahlan Iskan. Tapi setelah berpapasan dan bertegur sapa, Wahyudin mengenali bahwa pria berkacamata, berbaju putih, dan bersepatu kets itu adalah Dahlan.

Menurut Wahyudin, Dahlan bertandang ke Ponpes Ngruki sebenarnya hanya untuk ikut salat Jumat. Namun, setelah salat Jumat, Wahyudin mengajak Dahlan untuk melihat beberapa bangunan dan bertemu para santri.

Dahlan juga ingin melihat dari dekat rumah ustad Abu Bakar Ba'asyir, pendiri Pesantren Ngruki yang kini ditahan oleh Polri terkait tudingan kasus terorisme. Namun, karena anak kandung Abu Bakar Ba'asyir tidak ada di dalam rumah, Dahlan hanya bisa melihat rumah Ba'asyir dari luar. Rumah sederhana Ba'asyir terletak tidak jauh dari gerbang.

Kehadiran Dahlan di Ponpes Ngruki itu tentu mengejutkan para ustad dan santri. Selain sangat jarang ada pejabat negara yang datang ke ponpes ini, Dahlan juga datang tiba-tiba tanpa memberitahu terlebih dulu.

Staf khusus Menteri BUMN, Budi Rahman, membenarkan kunjungan Dahlan Iskan ke Ponpes Ngruki pertengahan Maret 2012 lalu. Saat itu Dahlan baru saja melakukan kunjungan kerja ke Sragen.

"Di tengah perjalanan, Pak Dahlan tiba-tiba minta supaya salat Jumat di Ponpes Ngruki saja. Jadi, datang ke Ngruki spontan saja tanpa ada rencana," kata Budi Rahman yang mengikuti kunjungan Dahlan saat dihubungi http://news.detik.com ( Senin, 16/04/2012 )

0 komentar:

Posting Komentar