Tas Wanita dari Kec. Ngajum

Sepintas desa Balesari di Kec. Ngajum ini tidak terlihat istimewa. Akan tetapi  jika dicermati, dibalik kesederhanaan desa ini, ternyata menyimpan potensi yang tidak kalah dibanding dengan desa lain. Potensi itu adalah, desa yang terletak didekat gunung Kawi ini memiliki sosok laki-laki yang kreatif dan  pekerja keras. Masyarakat di dusun Gendogo  lebih mengenal pria ini dengan nama Mas Nanok.
Ya, beliau inilah yang memiliki ide cemerlang sehingga sekarang produk yang dihasilkannya bisa membawa nama desa dan produknya sudah merambah tidak hanya disekitar daerahnya sendiri tetapi sudah menjangkau luar kota. Produk mas Nanok adalah Tas Wanita dan beberapa tas kerja serta tas sekolah. Produk yang dihasilkan dari desa Balesari kec. Ngajum ini tidak kalah kwalitas dan modelnya dengan yang sekarang sedang in dipasaran.
Keahlian mas Nanok untuk memproduksi kerajinan ini ternyata diperoleh saat beliau ini masih memiliki rumah dan gerai disekitar Tanggulangin. Lumpur Lapindo mengubah segalanya. termasuk rumah mas Nanok ini. 
Sehingga beberapa tahun yang lalu keluarga ini pindah ke Ngajum tempat istrinya berasal. Dimulai dengan tekat dan keberanian untuk memulai lagi usahanya dari nol, dimulailah kembali usaha produksi  tas yang sempat hancur di Tanggulangin beberapa tahun yang lalu. Memang tidak mudah untuk memulai lagi usaha yang harus dimulai dari awal. 
Saat ini semua produksi tas wanita dan produk lainnya dikerjakan bersama istri dan dibantu beberapa tetangga sekitar. Saat ini hasil kerja keras beberapa tahun ditempat yang baru mulai terwujud.  Sedangkan untuk pemasaran saat ini juga masih dikerjakan sendiri untuk menghemat biaya operasional. 
Tetapi semangat dan kerja kerasnya patut diacungi jempol. Terbukti produk yang dipasarkan mampu diterima pasar mulai dari kalangan bawah sampai menengah. 
Saat ini produk yang dihasilkan tidak hanya terbatas pada tas wanita saja, tetapi beberapa model tas juga mulai ramai menerima pesanan seperti tas sekolah TK, tas untuk pelatihan atau seminar dan lain-lain model.
Produk dari mas Nanok beberapa diantaranya bisa dilihat pada foto dibawah ini. 
Kelebihan dari produk ini diantaranya adalah dari bahan, tas ini tidak kalah dengan produk yang sudah mempunyai nama, proses pengerjaan sudah rapi, modelnya selalu mengikuti model terkini dan harga yang ditawarklan lebih rendah dari produk sejenis dipasaran.
Kehadiran mas Nanok di desa Balesari saat ini tidak hanya memberikan semangat kepada warga sekitar, akan tetapi produk yang dihasilkan juga sudah membawa nama Kec. Ngajum semakin dikenal sebagai salah satu tempat penghasil  tas yang berkualitas.





















0 komentar:

Posting Komentar