Abon Ikan Tuna Dari Kec. Sumbermanjing Waten



Abon Ikan Tuna
          Jika kita bicara Kec. Sumbermanjing Wetan maka konotasi kita kan terarah pada Sendang Biru. Ya......tempat wisata dan sekaligus pelabuhan ikan ini memang identik dengan kecamatan yang berada di daerah Malang Selatan ini. Padahal sebenarnya sebagian besar masyarakatnya juga masih banyak yang berprofesi petani. Akan tetapi memang potensi yang ada di Sendang Biru ini memang luar biasa.
          Daerah ini cocok untuk wisata bahari. Apalagi pantainya langsung menghadap samudra hindia, dengan tampilan pulau sempu yang tidak jauh dari pantai menambah suasana makin asyik untuk liburan keluarga
         Selain bisa wisata di pantai, anda juga bisa menikmati atau mengunjungi pelabuhan sendang biru, dimana disana bisa ditemui banyak nelayan yang baru pulang dari melaut. Disini bisa kita saksikan bagaimana proses penjualan ikan segar ini melalui TPI. Selain itu bisa kita lihat bermacam-macam ikan tangkapan nelayan yang mungkin selama ini hanya kita lihat melalui televisi. Bagi anda yang memang suka dengan ikan laut, disebelah TPI ada banyak kios yang menjual berbagai ikan segar yang diterima langsung dari nelayan.  Meskipun jenis ikan tangkapan nelayan disini banyak seperti, cumi-cumi, udang dan lain-lain tetapi yang terkenal adalah ikan tuna. Anda bisa membeli ikan tuna dan lainnya disini dengan harga yang cukup murah, selain itu bagi anda yang tidak mau repot dengan membawa ikan mentah, anda dapat membeli ikan tuna bakar yang cukup terkenal disini di beberapa rumah makan yang tersebar disepanjang  jalan.
Nugget Ikan Tuna
          Bagi masyarakat setempat, hasil yang melimpah dari ikan tuna ini dimanfafaatkan untuk membuat berbagai makanan olahan berbahan dasar ikan tuna. sebut saja kelompok KSP "Ikan Tuna". kelompok yang sudah bergabung dengan PPK sejak tahun 2001 ini melihat adanya peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan hasil laut yang melimpah didaerah ini. Dengan bimbingan dan pelatihan dari beberapa instansi dan dinas di kab Malang, akhirnya mereka mampu membuat beberapa makanan olahan seperti Abon Ikan Tuna, Nugget Ikan Tuna, Bakso Ikan Tuna, Steak Ikan Tuna dan Petis Ikan Tuna.
Hasil makanan olahan ini jelas dari sisi harga lebih menguntungkan dibanding jika mereka hanya menjual ikan tuna dalam bentuk mentahnya saja.
           Kelompok yang dipimpin ibu Imrul Jumilah ini awalnya hanya menrima pinjaman dari UPK sebesar Rp. 300.000,- saja per anggota. Dengan perkembangan usahanya, saat ini mereka saat ini sudah bisa mendapatkan pinjaman Rp. 3.000.000,- per orang. 
Petis Ikan Tuna
          Pemasaran hasil usahanya saat ini sudah merambah tidak hanya di kota Malang saja, akan tetapi sudah sampai di kota-kota besar di Jawa Timur lainnya, bahkan yang terakhir sudah masuk ke Pulau Bali. Harga produk ini tidak mahal, hanya Rp. 10.000,- / ons untuk kemasan plastik dan Rp. 12.000,- /ons untuk kemasan toples. Anda bisa dapatkan dengan mudah disekitar kecamatan Sumbermanjing Wetan atau






Produk Makanan Binaan UPK Kab Malang yang lain dapat anda lihat dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar