Semiloka DPRD

Komitmen pemerintah dan DPRD dalam upaya penanggulangan kemiskinan terus digalakkan, hal ini terbukti dengan diselenggarakannya seminar dan lokakarya DPRD PNPM Mandiri Perdesaan di gedung Bapenmas Desa Gelung Kecamatan Panarukan. Bapak Bupati, DPRD, BPMP, SKPD, Ketua BKAD dan Perwakilan BPD sekabupaten Situbondo mengevaluasi dan membahas rencana kedepan dalam upaya penurunan angka kemiskinan.
Bapak Bupati menyampaikan akan terus berkomitmen serta mendukung semua program pemerintah pusat yang berbasis penanggulangan kemiskinan. Dari tahun ketahun dana alokasi untuk PNPM Mandiri Perdesaan dari pemerintah pusat ataupun daerah semakin membesar. Tentu saja semua itu harus diimbangi dengan hasil yang didapatkan.! Adalah merupakan tugas kita bersama untuk  mengevaluasi dan menyusun rencana kerja kedepan agar segala yang diinginkan sesuai dengan harapan. Tegas Bapak Bupati yang sekaligus membuka acara Semiloka terebut.
Zainiya selaku Ketua DPRD Kabupaten Situbondo juga turut hadir dalam acara tersebut bahkan juga  memberikan Materi Peran DPRD dalam pembuatan dan penetapan regulasi kebijakan dan anggaran pada program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat
  • Adapun tujuan diselengaarakannya semiloka ini adalah :
  • Adanya kesepakatan berupa rekomendasi sebagai wujud komitmen SKPD dan DPRD bersama Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan untuk mendorong terlaksananya system pembangunan partisipatif.
  • Adanya kerangka kegiatan sebagai pedoman dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat
  • Adanya kerangka kegiatan sebagai rencana kerja dalam upaya pelestarian kelembagaan dan hasil-hasil kegiatan PNPM mandiri Perdesaan.
Acara Semiloka ini juga di isi dengan diskusi kelompok dengan tema sebagai berikut:
  • Bidang perencanaan kegiatan/program (menghasilkan dokumen perencanaan kegiatan/program yang sinergi antara SKPD, Dewan dan kebutuhan masyarakat sebagai pedoman dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan permberdayaan masyarakat di kabupaten Situbondo)
  • Bidang peningkatan peran serta SKPD dan pelaku program (menghasilkan dokumen pola koordinasi dan pengawasan bersama antara SKPD, kesepakatan berupa rekomendasi sebagai wujud komitmen SKPD bersama pelaku PNPM mandiri Perdesaan)
  • Bidang kelembagaan dan pelestarian PNPM Mandiri Perdesaan ( menghasilkan dokumen yang berupa langkah-langkah strategis untuk menguatkan kelembagaan BKAD, UPK dan kelompok dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat)

0 komentar:

Posting Komentar