Sistem On Line di UPK


Wacana ini adalah gagasan dari teman-teman fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan di Kab. Takalar, dengan tujuan pengendalian dana bergulir/SPP, antisipasi secara dini jika terjadi penyimpangan dana di pengurus UPK dan Klp. SPP, monitoring penanganan tunggakan bermasalah dan memudahkan dalam pengawasan keuangan UPk oleh BP-UPK.

Mengapa sistem ini harus digunakan tentunya, dengan menggunakan pelaporan secara manual (excel) yang hanya dilakukan pelaporan ke Kabupaten setiap akhir bulan dan sempitnya waktu hanya 4 hari saja waktu untuk melakukan validasi dan kompilasi dari laporan UPK tersebut, sehingga hasilnya tidak maksimal, sekalipun ada aplikasi DB-Ekonomi, namun aplikasi ini mempunyai kelemahan karena berbasis Desa dan Kecamatan, sehingga transaksi yang terjadi di tingkat kelompok tidak tergambarkan dengan jelas.

Selain itu seiring dengan waktu, modal UPK semakin lama semakin bertambah, sementara untuk format laporan UPK dalam bentuk excel telah dilaksanakan sejak tahun 2005 (PPK Phase IIIB), sedangkan untuk aplikasi DB-Ekonomi diterapkan sejak tahun 2007 (PNPM-PPK) dan saat ini telah mengalami revisi akibat semakin bertambahnya varian kegiatan yang ada di PNPM Mandiri Perdesaan.
Berdasarkan data yang ada di Sulsel ada UPK yang mengelola dana hingga lebih 4 Milyar, itu artinya setiap bulan bisa terjadi transaksi minimal 360 juta dan sehari bisa terjadi transaksi minimal 30 juta. Disisi lain pengurus UPK banyak yang sudah senior menjadi pengurus sejak tahun 1998(PPK I) atau tahun 2007 (PNPM-PPK), sementara fasilitatornya orang baru kemarin bergabung di program, tentunya kondisi ini semakin tidak seimbang, sehingga perlu dibuat sistem pengendalian yang dilakukan oleh Team Faskab lebih baik, mudah, cepat, akurat dan valid.

Berdasarkan fakta yang ada saat ini penyimpangan yang terjadi oleh pengurus UPK Modusnya semakin lama semakin rapi, dan prosesnya berlangsung lama sehingga penyimpangan dananya juga semakin besar. Tentunya kondisi semacam ini terjadi akibat lemahnya pengawasan, mentalitas dan moralitas pengurus UPK semakin menurun dan sistem yang lemah.

Dengan menggunakan Aplikasi DB-SPP maka kita dapat memperbaiki Sistem, sehingga pengawasan dan pemeriksaan laporan UPK dan transaksi dapat lebih mudah dan bisa dilakukan oleh FK/FT, BKAD, PJOK, BP-UPK dan Team Faskab, sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya penyimpangan dana oleh Pengurus UPK dan Kelompok.

Mekanismenya aplikasi DB-SPP ini dimulai dengan input data Kelompok, data Pembayaran Kelompok dan Input data Kondisi Rekening, hasil input data tersebut dieksport dan di kirim via email, untuk tahap awal kami akan lakukan setiap hari Jumat paling lambat pukul 17.00 Wita, seiring dengan waktu dan penyempurnaan program, nantinya akan dikirim setiap hari , juga paling lambat pukul 17.00.
Dari data yang dikirim ketiga data tersebut dapat dilakukan cros cek dan dibandingkan dengan data manual dan laporan UPK untuk setiap bulannya. Selain itu dapat juga di lihat perkembangan penanganan tunggakan bermasalah.
Kami sadari bahwa aplikasi ini DB-SPP akan menimbulkan pro dan kontra bagi pelaku, demikian pula aplikasi dibuat sangat simpel dan sederhana masih jauh dari kesempurnaan, diharapkan dengan masukan dari teman-teman akan memberi kostribusi untuk penyempurnaan aplikasi ini dimasa datang

2 komentar:

  1. Mimpi anda akan terwujut, Alhamdulillah di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur telah menerapkan sistem tersebut per Akhir September 2013 telah dilakukan uji coba penggunaan SI UPK online, berminat seperti Penajam Paser Utara? informasi lebih lanjut Hubungi Bapak Santoso, S.Ag (Faskab PNPM Mandiri Perdesaan Kab. PPU) di HP. 085 292 226 282 dan klik www.pnpmppu.com atau www.siupkonline.com

    BalasHapus
  2. untuk memperoleh gratis produk trialnya teman-teman silahkan kirim no kode wilayah dan nama Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan serta nama pengurus UPK dan pelaku kecamatan selengkapnya untuk bisa dimasukan dalam profil UPK anda, data bisa dikirim ke santoso@siupkonline.com jika sudah berkirim silahkan telp/sms ke Bp. Santoso di 085292226282 . KAmi dedikasikan diri untuk PNPM MPd lebih baik

    BalasHapus