Integrasi Perencanaan PNPM ke Sistem Perencanaan Reguler


Pelaksanaaan Musrenbang Kecamatan Kab. Takalar dimulai tanggal 15 Feb. 2012 s/d 25 Feb. 2012 , adapun pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tgl. 15 Feb. 2012 dimulai oleh Kec. Polongbangkeng Selatan, pada acara Musrenbang yang dibuka oleh Camat Polongbangkeng Selatan menyatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang kali ini punya nuansa baru, dengan melalui integrasi Sistem Perencanaan PNPM ke Sistem Perencanaan Reguler melalui mekanisme Musrenbang, sehingga dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Daerah dengan mengakomodir usulan masyarakat melalui perencanaan partisipatif yang dituangkan dalam Dokumen RPJMDes .Namun diharapkan pula agar Pemda dapat mengalokasikan dana khusus masing-masing Kecamatan untuk dikelola melalui mekanisme seperti PNPM.
Dalam kesempatan tersebut Kepala Bappeda Kab. Takalar Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si menyatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini adalah amanat dari UU No. 25, yaitu Rencana Pembangunan Nasional, diharapkan agar melalui Musrenbang ini dapat mengakomodir minimal satu usulan tiap-tiap desa, Adapun Tema dari RKP Kab. Takalar Tahun 2013 adalah " Peningkatan Kualitas`Pelayanan Kebutuhan Dasar dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat " dengan 11 prioritas antara lain Peningkatan Kualitas Ketenagakerjaan dan Lapangan Kerja, Percepatan pembangunan daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, Peningkatan iklim investasi dan usaha, Pengembangan Parawisata, Peningkatan Tata kelola Pemerintahan dan Peningkatan Kualitas kehidupan dan peran perempuan .

Diharapkan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dapat bersinergi seluruh program menjadi satu ke Sistem perencanaan Reguler, sehingga proses perencanaan lebih optimal dan terpadu serta dapat menghindari tumpang-tindih penanganan kegiatan di masing-masing SKPD.

Pelaksanan Musrenbang Kecamatan akan dilanjutkan untuk Kecamatan lain dengan jadwal tgl. 16 Feb. 2012 Kec. Mappakasunggu, tgl. 17 Feb. 2012 Kec. Pattalassang, tgl. 18 Feb. 2012 Kec. Sanrobone, tgl. 20 Feb. 2012 Kec. Mangarabombang, tgl. 21 Feb. 2012 Kec. Polongbangkeng Utara, tgl. 22 Feb. 2012 , Kec. Galesong Selatan, tgl. 23 Feb. 2012 Kec. Galesong dan tgl. 25 Feb. 2012 Kec. Galesong Utara.

0 komentar:

Posting Komentar