Partisipasi Asosiasi UPK dalam penilaian PUG di Pendopo Kabupaten


            Tahun ini kembali Pemkab Malang menjadi calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Presiden Indonesia. Untuk itu pada tanggal 2 Desember 2010 Tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) melakukan penilaian di Pendopo Kabupaten Malang. Dalam 5 tahun ini tercatat lima kali Pemkab Malang menerima APE
 

Tim Penilai terdiri dari Deputi I Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Drs. Aminuddin Didik S.Sos, Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Pardina dan dari pihak independen DR Yusuf Supriandi MA.
Bupati Malang beserta Tim Penilai saat mengunjungi
stan Asosiasi UPK Kab Malan
             Perlu diketahui Kabupaten Malang menjadi salah satu nominator penghargaan ini, karena tahun ini Kab. Malang masuk dalam 10 besar calon penerima APE. Hasil penilaian akan diumumkan tanggal 22 Desember mendapang bertepatan dengan Hari Ibu
             Tim penilai Pengarus Utamaan Gender (PUG) pada kesempatan itu disuguhi berbagai produk hasil binaan dari program pemberdayaan dari beberapa kecamatan. Seperti diketahui,  pendukung acara di pendopo kemarin terdiri dari berbagai lembaga yang terkait dengan masalah pemberdayaan, baik yang berasal dari binaan Dinas atau Badan terkait di Kab. Malang, maupun lembaga swadaya masyarakat yang perduli dengan pemberdayaan dan masalah gender. Diantaranya peserta dari UPK Gerdu Taskin, UPK PNPM Mandiri, Kelompok binaan dinas Sosial, Dinas Koperasi dan masih banyak lagi.
Ibu Bupati Malang berbincang-bincang dengan Pengurus UPK


              Asosiasi UPK PNPM Kab. Malang yang dipercaya BPM Kab. Malang untuk menjelaskan kegiatan PNPM secara umum yang sedang berjalan di Kab. Malang menampilkan berbagai kegiatan yang sudah dan sedang berjalan di beberapa kecamatan. Tidak ketinggalan Asosiasi yang saat itu diwakili UPK Wagir, Sumbermanjing Wetan dan Singosari menampilkan beberapa hasil atau produk yang dihasilkan anggota kelompok peminjam yang nyata-nyata merupakan hasil binaan UPK selama ini.
              Bupati Malang beserta Ibu serta Tim Penilai yang mengunjungi stan Asosiasi terkesan dengan beberapa produk yang dipamerkan, diantaranya Abon Ikan Tuna serta ..... produk makanan kecil. Stan UPK juga diapresiasi banyak pengunjung yang rata-rata merupakan pimpinan SKPD, tokoh masyarakat pemerhati masalah Gender serta undangan lainnya.
           Kehadiran Asosiasi dalam forum seperti diatas merupakan kehormatan tersendiri mengingat yang mengundang Asosiasi adalah Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Malang yang merupakan hasil rekomendasi dari BPM Kab. Malang. Ini bukti mulai dipercayanya UPK PNPM oleh beberapa pihak untuk tampil dan menampilkan hasil PNPM yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun di Kabupaten Malang. Disisi lain dengan berdampingan dengan UPK sejenis yang berasal dari program lain, rasanya kita bisa belajar dan membandingkan hasil upaya UPK PNPM selama ini dengan yang sudah dihasilkan UPK yang berasal dari program lain tersebut.

Bupati Malang beserta Tim Penilai PUG dari Jakarta saat mengunjungi stan Asosiasi UPK 
(Sumber : Surya, 3 Desember 2010)



                  




































0 komentar:

Posting Komentar