Souvenir Kupu-kupu dari Kec. Karangploso






               Indah bukan souvenir ini ? Sekali lagi ini  bukti bahwa di Kabupaten Malang jika  jeli akan kita temui berbagai potensi yang selama ini tidak kita kenal. Atau minimal kita tahu produk ini tapi tidak tahu kalau produk ini buatan atau dibikin oleh pengrajin yang masuk kategori home industri di salah satu kecamatan dimana PNPM saat ini sedang berjalan.
               Adalah bapak Agus Sugianto beserta istri yang mampu membuat souvenir kreatif ini dari bahan sisa membuat sutlle cock. Pengrajin yang tinggal di Desa Ampeldento  Kecamatan Karangploso ini begitu kreatif sehingga bahan sisa atau limbah yang selama ini hanya dibuang begitu saja bisa disulap menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

                     Dengan bahan baku yang mudah didapat diantaranya bulu angsa dan kayu bakau menjadikan produk ini semakin laris dipasaran. Untuk harga kupu-kupu ini dipatok cukup murah dan bervariasi diantaranya
          - kupu-kupu kecil       Rp. 1.000,- / biji
          - kupu-kupu sedang   Rp. 2.500,- / biji
          - kupu-kupu besar     Rp. 5.000,- / biji
          - pigura ukuran 25 cm x 30 cm Rp. 50.000,-
                      
                     Untuk hasil produknya ini Pak Agus yang menggunakan merk ZENTANA JAYA, mampu berproduksi rata-rata 1000 biji per hari. Dengan kapasitas produksi sebesar itu, saat ini Pak Agus tidak kewalahan lagi memenuhi pesanan dari berbagai kota. Tercatat saat ini beberapa kota besar seperti Surabaya, Pasuruan, Jakarta, Bali dan Jogjakarta menjadi pemesan tetap produk ini.
                      Dari penjelasan Pak Agus ternyata produk ini juga sudah bisa menjangkau pasar di luar negeri, seperti Selandia Baru, Jepang, Amerika Serikat dan Australia.
                    Saat ini selain dijual dalam bentuk satuan, kupu-kupu ini mulai dikemas dalam bentuk yang lain seperti bros magnet, vas bunga dan dalam bentuk pigura. Anda tertarik dengan produk ini ? datang saja ke Kec. Karangploso. Jika dari Surabaya lokasi pembuatan souvenir ini searah ketika anda menuju Kota Batu
          
                    

               




0 komentar:

Posting Komentar