Mulai Langkah Awal : Koordinasi Dengan TKPKD

Mulai Langkah Awal : Koordinasi Dengan TKPKD
Mulai Langkah Awal : Koordinasi Dengan TKPKD
Mulai Langkah Awal : Koordinasi Dengan TKPKD-Perjalanan pendampingan, mau tidak mau harus terus dilanjutkan. Itu setidaknya pesan tersirat dari beberapa pihak yang merasa peduli dengan keberadaan PNPM Mandiri Perkotaan di Kabupaten Bangka Barat. Setelah kemarin ditataran pendamping dilakukan rekomposisi tim, meski sebenarnya hal tersebut menimbulkan pro dan kontra, tetapi seperti pada pembuka kalimat, "pendampingan harus terus dilanjutkan".

Meskipun saat itu, sebagai pribadi, saya mengalami penurunan semangat yang sangat luar biasa. Hal itu tak lain adalah karena keberadaan Asisten CD Mandiri sebelumnya, kami anggap telah berhasil membangun kontak person dan pendampingan di tataran pemda. Dan kebijakan yang mengharuskan adanya perubahan komposisi pendamping di Kabupaten Bangka Barat. Sehingga proses pendampingan pun harus mulai langkah awal lagi.


Mulai Langkah Awal : Koordinasi Dengan TKPKD
Meskipun dengan bekal pengetahuan seadanya, kami berupaya menemukan arah perjalanan yang selama ini telah terbangun. Sangat sulit bagi kami menyusuri sendiri pola dan arah sebelumnya, dikarenakan kurang cakap-nya kami disini. Tetapi alhamdulillah, tataran Pemda menyambut kami dengan sikap ramah yang luar biasa. Ini ternyata warisan Asisten CD Mandiri kami yang sebelumnya. Terimakasih banyak atas warisan yang tak ternilai ini bu...

Langkah awal yang kami lakukan yakni koordinasi dengan TKPKD di Bappeda. Meskipun kami masih meraba, namun Tim Koordinasi di Pemda begitu santun-nya sehingga hal ini membuncahkan lagi semangat kami disini. Tanggal 8 April 2011 yang lalu, untuk pertama kalinya kami menemui dan koordinasi dengan tataran Pemda (baca; TKPKD). Tak ada obrolan yang serius selain perkenalan dan persiapan materi workshop tanggal 12 April 2011 ini. Dan lagi-lagi, kami harus meraba karena tak mempunyai pengetahuan soal TKPKD itu.

Semoga langkah awal kami disini, yang -jujur- masih sangat minim pengetahuan dan meraba-raba ini, menghasilkan out put yang maksimal kedepan. Dan tentunya dukungan serta support beberapa pihak sebagai media belajar kami akan sangat kami butuhkan, demi pendampingan selanjutnya.

Terimakasih kepada TKPKD (Pak Sukraedi), Mbak Ellin, Koorkot Bangka, Pak TL dan Bapak/Ibu Tenaga Ahli di KMW yang terus memberi support motivasi kepada anak ingusan seperti kami ini.

Ditulis Oleh : Widodo

0 komentar:

Posting Komentar