Pembekalan Teman-Teman Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan

Pembekalan Teman-Teman Fasilitator
Pembekalan Teman-Teman Fasilitator
Pembekalan Teman-Teman Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan-Dalam rangka meningkatkan kapasitas teman-teman fasilitator untuk fasilitasi pelaksanaan tinjauan/review di tataran masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan Koorkot Bangka adalah pembekalan terhadap teman-teman fasilitator, agar terjadi persamaan pemahaman terhadap substansi pelaksanaan siklus di masyarakat.

Pangkal Pinang, 26 April 2011, bertempat di Kantor Koorkot Bangka, pelaksanaan pembekalan teman-teman fasilitator dimulai. Dengan difasilitasi oleh Tenaga Ahli Monev, MK dan Infrastruktur, dilakukan kembali upaya bedah siklus di masyarakat..

Karena pentingnya pelaksanaan siklus ini, sebagai sarana belajar di masyarakat dan evaluasi bersama, Tenaga Ahli Monev (Monitoring dan Evaluasi) - Pak Ghofir - menyampaikan review siklus di tataran masyarakat. Dimulai dari sosialisasi, RK, PS, BKM sampai dengan penyusunan PJM sebagai output review program. Hal ini didasarkan pada beragamnya pelaksanaan siklus tahunan di masyarakat. Ada yang siklus Tahun I, II, III maupun tahun ke IV sesuai dengan siklus di masing-masing wilayah dampingan.

Untuk siklus tahun ke IV seperti halnya Kabupaten Bangka Barat, saat ini adalah upaya pelaksanaan tinjauan partisipatif. Dari tinjauan Kelembagaan, Keuangan dan Program. Yang kesemuanya telah dilaksanakan, tinggal penyempurnaan di beberapa bagian, terutama untuk tinjauan program yang output nya adalah Renta Tahun 2011 ini.

Sementara itu, Tenaga Ahli Managemen Keuangan (Mas Iwan) menyampaikan tata cara pelaksanaan tinjauan keuangan di masyarakat berdasarkan cek list terhadap capaian pengelolaan keuangan dan administrasi di masyarakat. Sedangkan Tenaga Ahli Infrastruktur (Mbak Lutfa) menyampaikan kegiatan istisna'a yang harus terserap mulai bulan April ini.

Dari apa yang telah dilakukan tersebut, muaranya hanya satu, yakni pembekalan terhadap teman-teman fasilitator untuk me-refresh kembali tata cara dan pelaksanaan pendampingan di masyarakat. Semoga dengan pembekalan penguatan ini, terjadi persamaan persepsi dan pemahaman terhadap substansi pemberdayaan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar