Wapres Boediono berjanji akan membersihkan penyimpangan di PNPM

Untuk menjaga keberlanjutan dan efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, Program yang tujuan awalnya adalah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat itu, maka segala bentuk penyimpangan akan segera dibersihkan. Demikian menurut Wakil Presiden Boediono.

menurut laporan bahwa akhir-akhir ini telah terjadi penyimpangan-penyimpangan di daerah yang harus segera dihilangkan sejak awal, kata Wapres dalam diskusi bersama para pemimpin daerah Jambi 1 April 2011 kemarin.

Program untuk kesejahteraan rakyat saat ini baik PNPM maupun Program Keluarga Harapan dirasa cukup sukses di berbagai daerah. Untuk itu, ia tidak ingin program tersebut justru kontraproduktif bila penyimpangan-penyimpangan tersebut dibiarkan walaupun sedikit.

Untuk menghindari terjadinya tumpang tindih, maka Sinkronisasi program-program kesejahteraan antara pemerintah pusat dan daerah sangat diperlukan.

Ia menyatakan, pemerintah pusat terus mengupayakan program-program kesejahteraan untuk rakyat miskin tepat sasaran. Saat ini pemerintah juga tengah memfokuskan program kesejahteraan untuk beberapa komunitas yang dinilai kurang tersentuh program tersebut, misalnya komunitas pesisir dan komunitas pinggir kota.

Wapres mengapresiasi usaha Pemerintah Provinsi Jambi yang juga aktif menggelontorkan program-program untuk kesejahteraan masyarakat seperti adanya bedah rumah rakyat miskin, program satu kecamatan satu miliar maupun beasiswa bagi masyarakat.

Menurut dia, infrastruktur keras seperti jalan, pelabuhan, pembangkit listrik tidak akan optimal tanpa infrastruktur lunak seperti kemudahan dalam berusaha, kenyamanan dan keamanan. Selain itu juga mengembangkan sinergi antar daerah sehingga mampu mendorong perekonomian secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar